Airlangga Run

Race Pack Collection
Tanggal : 18 November 2023
Pukul : 09.00 – 20.00 WIB
Lokasi : Atrium Gedung Rektorat Kampus C Unair

Race Day
Tanggal : 18 November 2023
Pukul : 04.00 WIB
Lokasi : Gedung Rektorat Kampus C Unair

Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke 69, Universitas Airlangga (Unair) menyelenggarakan Airlangga Run 2023. Sebuah event fun run dengan rute sejauh 6,9 km. Jarak 6,9 km ini adalah bentuk ungkapan rasa bangga dan syukur para Civitas Akademika dan Alumni Unair atas raihan prestasi dan keberhasilan dalam perjalanan Unair selama 69 tahun berdiri. Kegiatan Airlangga Run 2023 tidak hanya diselenggarakan sebagai acara olahraga semata, namun juga sebagai sarana untuk memperkenalkan Unair sebagai salah satu universitas top yang menduduki peringkat #345 dunia kepada masyarakat.

Airlangga Run 2023 akan diselenggarakan pada tanggal 19 November 2023 dengan start/finish di Kampus C Unair. Kegiatan ini direncanakan akan diikuti 1000 peserta yang terdiri dari civitas akademika, alumni, dan masyarakat umum. Airlangga Run menyediakan hadiah senilai total Rp 40 juta rupiah untuk pemenang yang terbagi dalam beberapa kategori yaitu Umum, Master 40+, dan kategori khusus civitas akademika, dosen dan tendik. Selain itu akan ada berbagai hadiah doorprize yang akan dibagikan untuk peserta.

Pendaftaran Airlangga Run 2023 akan dibuka tanggal 5 Oktober 2023 hingga 15 November 2023 dengan biaya registrasi Rp.150.000. Dengan biaya registrasi tersebut, peserta akan mendapatkan jersey lari, nomor BIB, dan race bag. Mari bersama berlari 6,9 km untuk Dies Natalis ke 69 Universitas Airlangga.

For Your Information!

Lomba lari adalah salah satu jenis kompetisi atletik yang paling kuno dan paling dasar. Berikut adalah sejarah singkat lomba lari:

Asal Mula:

  • Lomba lari telah ada sejak zaman kuno. Salah satu bukti tertua tentang lomba lari berasal dari Yunani Kuno, di mana lari menjadi bagian integral dari Olimpiade Yunani Kuno, yang pertama kali diadakan pada abad ke-8 SM di Olympia.

Olimpiade Yunani Kuno:

  • Olimpiade Yunani Kuno adalah salah satu perayaan terbesar di Yunani Kuno, dan lari adalah salah satu dari beberapa olahraga yang dilombakan. Lomba lari pertama yang dilakukan dalam Olimpiade adalah stadion, yang memiliki jarak sekitar 192 meter.

Lomba Panjang:

  • Selain stadion, Olimpiade juga mengadakan lomba lari jarak jauh yang disebut diaulos (dua stadion) dan dolichos (lomba lari jarak jauh yang lebih panjang).

Pengaruh Romawi:

  • Setelah masa kejayaan Yunani Kuno, tradisi lari diteruskan oleh Kekaisaran Romawi. Lomba lari menjadi bagian dari permainan sirkus Romawi yang populer.

Lomba Lari dalam Budaya Asia:

  • Di Asia, lomba lari juga memiliki sejarah panjang. Misalnya, di Tiongkok Kuno, lomba lari adalah bagian dari berbagai upacara dan festival tradisional.

Masa Modern:

  • Saat Olimpiade modern dihidupkan kembali pada abad ke-19, lomba lari menjadi salah satu olahraga utama dalam acara tersebut. Olimpiade modern pertama yang diadakan di Athena pada tahun 1896 menampilkan lomba lari.

Rekor Dunia dan Olimpiade:

  • Sejak itu, lomba lari telah berkembang menjadi berbagai kategori, termasuk lari cepat, lari jarak jauh, dan lari maraton. Rekor dunia dibuat dan dipecahkan secara terus-menerus oleh atlet-atlet dunia.
  • Lomba lari tetap menjadi salah satu kompetisi paling prestisius dalam Olimpiade modern, menampilkan atlet-atlet terbaik dari seluruh dunia.

Lomba lari telah berkembang dari tradisi kuno menjadi salah satu olahraga yang paling umum dan populer di seluruh dunia. Itu tidak hanya menjadi bagian dari kompetisi atletik tingkat tinggi, tetapi juga merupakan olahraga yang diikuti oleh banyak individu sebagai bagian dari kebugaran dan rekreasi.

Write what you are looking for, and press enter to begin your search!