Rector Cup : Cabor Catur

Tanggal: 14 Oktober – 5 November 2023
Lokasi: G. Student Center lt.3, Kampus C



For Your Information!

Catur adalah salah satu permainan papan tertua dan paling terkenal di dunia, dengan sejarah yang kaya dan panjang. Berikut adalah sejarah singkat catur:

Asal Mula:

  • Catur diperkirakan berasal dari India pada abad ke-6 Masehi. Pada awalnya, permainan ini dikenal sebagai “chaturanga” yang berarti “empat pasukan” dalam bahasa Sanskerta.
  • Chaturanga dimainkan di atas papan berukuran 8×8, mirip dengan papan catur modern, dan melibatkan empat jenis pasukan: gajah, kuda, kereta, dan infanteri.

Penyebaran ke Dunia:

  • Permainan ini kemudian menyebar ke Persia, di mana dinamakan “shatranj.” Dari sini, shatranj menyebar ke dunia Arab dan kemudian ke seluruh Eropa dan dunia Islam.
  • Selama Abad Pertengahan, catur menjadi permainan favorit bangsawan dan raja di Eropa, menghasilkan perkembangan aturan-aturan baru yang memperkenalkan gerakan-gerakan seperti giliran ganda dan giliran bersamaan.

Zaman Modern:

  • Pada abad ke-19, peraturan catur modern yang kita kenal sekarang mulai terbentuk, termasuk peraturan “pindah raja dan giliran bersamaan” yang memungkinkan permainan menjadi lebih dinamis.
  • Pada tahun 1851, turnamen catur pertama yang signifikan, Turnamen London, diadakan, dan Wilhelm Steinitz, dari Austria, menjadi juara pertama dalam sejarah catur profesional.

Kemunculan Grandmaster:

  • Pada awal abad ke-20, gelar Grandmaster diperkenalkan untuk menghormati pemain catur terbaik di dunia. Emanuel Lasker dari Jerman adalah Grandmaster pertama yang diakui secara resmi.
  • Selama abad ke-20, sejumlah pemain catur legendaris muncul, seperti Bobby Fischer, Garry Kasparov, dan Magnus Carlsen, yang menjadi ikon catur dunia.

Olimpiade Catur:

  • Catur menjadi salah satu olahraga resmi Olimpiade pada tahun 1924, dan sejak itu menjadi salah satu kompetisi paling populer dalam acara Olimpiade.

Sejarah catur adalah perjalanan panjang yang mencerminkan perkembangan budaya dan pemikiran di berbagai era. Hari ini, catur tetap menjadi salah satu permainan paling menarik dan menuntut secara intelektual yang dimainkan oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Write what you are looking for, and press enter to begin your search!